ddfdf
Artikel mendatang:
Cara dan tips agar email langsung masuk ke inbox.

Bila ingin pemberitahuan bila sudah saya posting, silakan ikuti RSS saya

Mengapa email saya masuk folder spam/bulk/massal

Mengapa email saya masuk folder spam/bulk/massal

Masalah serius bila kita berbisnis menggunakan sarana email, namun email yang kita kirimkan selalu masuk folder bulk/massal/spam. Pernah mengalamai kan? Saya yakin PASTI pernah. Apa sih penyebabnya? Bagaimana untuk mengatasi problem tersebut? Sebelum menjawab sebaiknya kita ketahui dulu workflow dan faktor yang mempengaruhinya.

IP Address mail server.
Syarat masuk inbox, IP address harus tidak masuk dalam blacklist manapun. Ini berlaku untuk email private domain. Makanya bila anda menggunakan shared hosting sangat sulit langsung ke inbox karena IP tersebut sering keluar masuk blacklist / spammer. Bila menggunakan layanan macam google atau yahoo, ini bisa diabaikan

Subject dan body email

Tidak kalah penting judul dan isi email kita. Ini tergantung filter server email yang kita tuju. Bila ada kata yang masuk dalam filter spam, maka email tidak lolos. Ada kata-kata yang selalu masuk kategori spam, seperti: v i a g r a, p o r n , dll.

Link / url di body email.

Menambah link di website juga harus diperhatikan. Jangan sampai memasang ke url yang masuk kategori 'merah'. Terlalu banyak link juga ada kemungkinan masuk folder spam.

Masih banyak lagi hal lainnya termasuk hal-hal teknis seperti DKIM, domainkey dan SPF. Namun karena itu menyangkut 'mesin' maka tidak banyak yang bisa dilakukan,kecuali anda mengelola email server sendiri.

Selaku pengelola bisnis autoresponder, selalu saja saya mendapatkan pertanyaan seputar hal tersebut, bahkan ada yang komplain. Mulxim dan Indoresponder tidak bisa menjamin masuk inbox, karena menyangkut dua arah, artinya server pengirim dan server yang dikirim. Bahkan autoresponder sekelas aweber / getresponse pun kadang masuk juga ke bulk email.

Dan berdasarkan pengalaman pengiriman ke yahoo paling sulit, karena filternya sangat ketat dan selalu berubah-ubah. Ada cara lain untuk mengoptimalkan pengiriman ke yahoo yang akan saya tulis lain kali.

Bila ada pengalaman lain, silakan komentar di bawah ya....

wah kalau kita bisnis menggunakan semacam autobot memang email bisa masuk ke junk

Kalau kredibilitas server bagus, bisa memperkecil kemungkinan masuk junk. Selan itu perlu juga ada dibuat pengaturan jadwal pengiriman, bukan main 'bom' sekali kirim. Autoresponder yang saya kelola, mempunyai interval tertentu dalam pengiriman email. Selain itu IP selalu dimonitor setiap hari 'kesehatannya'

Wah mantap. Ternyata ga bisa sekaligus toh... hihihi

Khusus yang email Yahoo sepertinya Ya. Banyak yang bilang katanya sistem proteksi spam di Yahoo buruk, tak sebaik Gmail. Saya sendiri kebetulan menggunakan keduanya, dan pada email di Yahoo seringkali email bukan spam tapi oleh Yahoo dimasukkan ke spam.

Tentang content betul itu. Coba kalo isi body nya macam a-s-d, pasti langsung diblok.

kode html juga potensial kena blok. Makanya banyak pebisnis senior yang masih setia mengirim newsletter dalam plain text.

Wah Ilmu Yang Bermanfaat banget Mas..Salam Kenal deh

lebih enak pake GMAIL ya Mas ??

Salam Sukses
Alhijr Adwitiya

Gmail lebih baik gak mas ?
Salam Sukses
Alhijr Adwitiya

sama saja sih... tapi kalo males sering nengok spam box kayanya mending gmail

Saya melihatnya bukan baik buruknya karena saya kira semua baik, hanya gmail agak 'cuek' berbeda dengan yahoo yang sangat hati-hati

ada referensi gak jasa auto responder yang bagus, kalo untuk perusahaan dengan kapasitas kirim sampai ribuan memungkinkan sekali untuk masuk ke spam box

iya neh mas arif, suka repot yang tadinya ip ga ke backlist. eh,, taunya beberapa waktu kemudian ke backlist. mohon bimbingan & infonya ya kalo ada tips baru.. ctrl+d dulu. ane masih belajar neh.. salam kenal mas :)

Ya.. awal-awal mulxim dulu sampi 3 kali saya ganti IP karena kena black list. Sekarang dengan paket yang lebih 'rasional' yang bertahan yang serius saja. Dulu banyak spammer karena terlalu murah...

heemm...,,ada ga yach cara mengetahui klo email yg kita kirim masuk spam pr inbox??
btw thanks buat juragan.., keep posting

Sayangnya nggak ada, karena yang menentukan masuk bulk/spam adalah email kliennya atau server penerimanya. Jadi satu email yang sama mungkin ada yang masuk inbok di server tertentu dan masuk spam di server lainnya.

Ato bisa jadi anda buka langsung pake interface web nggak masuk spam, namun pas disedot pakai thunderbird masuk ke spam.

Saya punya masalah dikantor mas, disini ada 3 PC dimana sarana untuk terima dan kirim email menggunakan Microsoft Outlook 2007 dengan satu Account email yang sama. Kenapa, setiap 3 PC ini menerima email dari satu pengirim yang sama, 2 PC diantaranya pasti akan masuk JUNK folder sementara 1 PC lainnya masuk inbox? Mohon bantuannya mas, terima kasih.

di outlook kayaknya ada spam filter yang dapat diatur. Kemungkinan seting tiap komputer ini berbeda, sehingga penanganannya terhadap email yang sama pun berlainan.

Saya enggak hapal seting itu ada dimana cobalah dibandingkan antar kmputer tersebut.

alhamdulillah nemukan web ini ..,makasih mas udin atas infonya .., kemarin mengajar di kelas, siswa mengerjakan tugas on line , via e-mail .., sebagian masuk inbox, sebagian masuk spam .., padahal bentuk tugasnya sama ....kok bisa ya....???

terus gimana caranya biar email masuk ga masuk spam lagi,,,yang padahal saya tetap bisa ngirim ke alamat email A, cuma alamat email A ga bisa menerima email saya,sedangkan email lain selain email A bisa masuk emailnya ke saya,,,,apa alasan email A ga bisa masuk ke alamat email saya,,,,????

terima kasih atas jawabannya